Posted on Leave a comment

Kenapa UB Baitul Makmur?

Mau tau alasan mengapa perlu berbelanja di UB Baitul Makmur? Kok sudah margin-nya besar, bayar-nya transfer sendiri, eh.. barang ambil sendiri juga… nyusahin amat sih!

Jadi begini. Di jaman milennial ini siapa ngga mau ikut lari, siapa nggak trengginas, siapa nggak semangat, siapa masih punya jiwa ‘dilayani’, insyaAllaah bakal jadi kaum terbelakang! Ndesso… ini serius.

Percepatan bisnis jaman ini mengharuskan usaha-usaha kecil maupun start-up wajib memiliki metode bisnis yang unik, jitu, dan memiliki ciri khas yang kuat. Karena tanpa ampun, jika bisnis jaman now hanya bergantung pada cara konvensional yang itu-itu saja, apalagi tidak memiliki sesuatu yang solutif, maka siap-siap masuk kotak.

Bisnis moderen, pada umumnya sangat sulit bergerak bilamana tidak memiliki beberapa hal berikut ini:

  1. Innovation (inovasi)
  2. Cost (biaya)
  3. IT Minded (keterhubungan dengan IT)
  4. Captive Market (target pasar yang jelas)

Secara mikro, UB Baitul Makmur sudah diberkahi Allaah SWT memiliki 4 hal diatas. Dengan menilik pada kinerja UB Baitul Makmur periode amal sholih tahun 2017 lalu yang dianggap kurang maksimal, kami selaku pengurus baru berupaya untuk memaksimalkan seluruh sumber daya yang ada untuk berinovasi dan terus mengembangkan potensi bisnis – pada saat ini hingga berakhirnya periode amal sholih kami nanti.

Adapun mulai awal tahun 2018 ini, kami pengurus dan pengelola UB Baitul Makmur menawarkan terobosan dibidang IT, yakni “UB Online”. Hal ini merujuk pada 2 hal pokok:

  1. Keterbukaan Informasi, dan
  2. Meningkatkan Faktor Keamanan

Diakui atau tidak, masih banyak dari kita yang belum tahu seperti apa rupa UB Baitul Makmur. Apa usaha yang dijalankan selama ini. Dengan masuknya UB Baitul Makmur di jagat online, maka kami berupaya agar seluruh pengelolaan terhadap UB Baitul Makmur bisa diketahui oleh captive market, potential market, maupun stake holders. Bahkan dari HP masing-masing.

Dari yang belum mengerti apa yang dijual UB Baitul Makmur, jadi tahu. Yang sudah tahu dan mau belanja di UB Baitul Makmur, jadi loyalis atau duta UB Baitul Makmur di wilayah masing-masing tanpa dipaksa, dan seterusnya.

Adapun mengenai sisi keamanan, dari data atau laporan kinerja usaha tahun 2017 lalu yang mengalami defisit hingga 2 digit, maka pengurus baru UB Baitul Makmur akan berusaha seketat mungkin dalam mengorganisir jalannya usaha hari per hari. Akan diupayakan agar The New UB Baitul Makmur ini berlaku SATU PINTU.

Itulah mengapa saat ini kami berinisiatif untuk mengembangkan UB Online, salah satunya adalah mudahnya mengontrol stok barang, mudahnya melakukan pelacakan lalu lintas jual beli, sekaligus menekan biaya promosi yang sangat mahal.

Dari sisi keuangan, kami berupaya untuk lebih mengoptimalkan jalannya usaha yang dikelola hanya oleh 1 orang staff toko saja. Salah satunya adalah metode pembayaran langsung ke rekening bank yang ditentukan. Upaya ini tidak lain banyak menghasilkan manfaat, diantaranya:

  1. Tidak perlu lagi susah payah mencari uang receh untuk kembalian. Semua pembayaran telah selesai sebelum barang diambil oleh pembeli/Anda.
  2. Tidak perlu khawatir adanya uang cash yang hilang di toko. Semua pergerakan dalam rekening bank selalu dipantau setiap hari oleh team kami (wa bil khusus: bendahara).
  3. Jika segala potensi loss ini dapat terpenuhi, maka keadilan dapat ditegakkan kepada semua pihak. Bahkan hak stake holder untuk mendapatkan hasil positif deviden (SHU) pada akhir tahun akan mudah ditunaikan dengan pas (tidak menduga-duga).

Demi melebarkan sayap usahanya di masa mendatang, UB Baitul Makmur percaya bahwa prospek bisnis tidak hanya datang dari internal atau captive market. Potential market yang berupa mitra bisnis insyaAllaah akan datang dengan sendirinya apabila mereka melihat UB Baitul Makmur dikelola dengan baik dan adil. Dari 2 hal tersebut, toh siapapun akan merasa lebih nyaman jika mengetahui seperti apa UB Baitul Makmur dikelola.

Rencana dan tujuan UB Baitul Makmur tahun 2018 ini tidak muluk-muluk. Belum saatnya kami berpikir untuk menjadikan UB Baitul Makmur sebagai Omni Channel atau Multi Channel e-Commerce. Rencana kami tahun 2018 cukup sederhana. Menaikkan omset, dan menghilangkan segala potensi kerugian.

Adapun program diskon berupa Voucher Digital yang kami haturkan, itu tak lain adalah sarana untuk menumbuhkan loyalitas Anda kepada UB Baitul Makmur. Karena selain ada cash back digital, komunikasi yang terjalin antara pengelola UB Baitul Makmur dengan konsumen diharapkan akan semakin baik dan berkembang ke arah yang positif.

Jadi, majunya UB Baitul Makmur tidak hanya bergantung kepada kami selaku pengurus dan pengelola, namun juga bagaimana respon Anda terhadap UB Baitul Makmur yang konon adalah milik Anda sendiri (atas kepemilikan saham). Pun demikian jangan sampai lupa, doakan kami agar tetap istiqomah dalam menetapi amal sholih yang berat ini.

Jika cara bisnis UB Baitul Makmur diatas ditanggapi dengan serius dan dikerjakan dengan ikhlas oleh semua pihak, tidak hanya berkah, deviden, dan pahala, namun insyaAllaah… bisa jadi suatu saat UB Baitul Makmur akan bertransformasi menjadi toko retail tanpa kasir!

Mau tahu seperti apa rupanya toko tanpa kasir? ini Amazon Go (Amerika Serikat), toko ritel moderen tanpa kasir pertama di dunia yang saat ini diikuti oleh pemain besar lain: Tao Cafe (Tiongkok/China). Silakan disimak dan diperhatikan baik-baik (maaf – jika tidak mengerti bahasa Inggris, setidaknya mengerti apa maksud video ini):

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.